Media Pembelajaran "Papan Monoscrap"
1.
Judul : Media Ajar “Papan
Monoscrap”
2.
Latar
belakang :
Pendidikan merupakan kebutuhan yang
tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan pendidikan manusia
dapat mengembangkan segala potensi dan keterampilan yang ada pada dirinya
sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan juga lingkungan. Pendidikan sebagai
terobosan yang efektif mencetak generasi trampil, berbakat, dan berkemampuan di
semua bidangnya harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif agar
motivasi belajar peserta didik terbangun dengan baik.
Dalam penyampaian materi
pembelajaran kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah tanpa diimbangi
penggunaan media pembeljaaran. Sehingga pembelajaran bersifat monoton, yang menybabkan motivasi siswa dalam belajar
berkurang serta siswa akan merasa bosan. Media pembelajaran sendiri adlah suatu
alat bantu dalam dalam menyampaikan pesan atau informasi pelajaran dari guru
untuk siswanya, yang dapat merangsang siswa dalam menggali sendiri pengetahuan,
keterampilan, serta sikap. Sehingga tujuan guru dalam penyampaian materi
pembelajaran dapat tercapai dengan adanya media pembeljaran ini.
Berdasarkan hal di atas maka kami
menciptakan sebuah media pembelajaran yang kami beri nama dengan “Papan
Monoscrap”. Papan monoscrap adalah papan media pembelajaran yang terdiri dari
materi pembelajaran yang akan disampaikan dan permainan monopoli sebagai bentuk
evaluasinya. Papan yang berisi materi pembelajaran kami desain seperti
scrapbook yang dapat memuat banyak materi dalam satu sisi saja.
3.
Tujuan :
4.
Mapel : a) IPS
b) PKn
c) Bahasa Arab
d) Bahasa Inggris
5.
SK
& KD
a)
IPS
3.3
Mengidentifikasi keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia
b)
PKn
3.4
mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan.
6.
Alat
dan bahan
Alat :
a)
gunting,
b)
penggaris,
c)
pensil,
d)
penghapus,
e)
perforator
f)
stipo
g)
spidol
h)
cutter
Bahan :
a)
kertas
warna merah 1 buah,
b)
kuning,
hijau, biru, hitam, orange,
c)
lem
kertas,
d)
kardus
bekas,
e)
tempat
kotak nasi putih dari ketras
f)
isolasi
g)
doubletipe
h)
gambar
yang dibutuhkan (diprint)
7.
Ukuran
media
58*60cm
8.
Cara
pembuatan :
a.
Papan
1)
Siapkan
kardus ukuran 58*60cm.
2)
Lapisi
kardus dengan kertas warna cokelat.
b.
Papan
materi (sisi depan)
1)
Siapkan
kertas yang dibutuhkan
2)
Bentuk
kertas menjadi seperti scrapbook dengan bentuk dan model sesuai keinginan.
3)
Masukkan
dan tempelkan materi dan gambar yang akan disampaikan.
4)
Kemudian
tempelkan kertas berbentuk seperti yang ada pada scrapbook yang telah berisi
materi tadi pada papan (sisi depan)
c.
Papan
monopoli (sisi belakang)
1)
Gunting
kertas bewarna menjadi bentuk persegi dengan ukuran panjang 68,5cm dan lebar
8,5cm.
2)
Tempelkan
pada papan yang telah dilapisi kertas cokelat pada sisi belakang dengan urutan
warna yang teratur sesuai dengan keinginan.
3)
Tempelkan
gambar dan nomor urutan di atas kertas warna tadi.
d.
Dadu
1)
Potong
kardus sisa dari papan tadi menjadi persegi dengan ukuran panjang 6cm dan lebar
6cm sebanyak enam buah.
2)
Rekatkan
antar potang kardus tersebut menjadi bangun ruang kubus.
3)
Lapisi
bagian luar dengan kertas warna
4)
Beri
nomor pada dadu.
e.
Pioner
Pioner
terbuat dari kardus yang dibentuk kotak seperti danbo
f.
Koin
Koin
yang digunakan terbuat dari kardus yang dibentuk menjadi lingkaran. Bagian
luarnya dilapisi kertas bufallo warna kuning
1)
sediakan
gambar pakaian adat dari provinsi di daerahmu
2)
9.
Peraturan
permainan
a.
Peserta
terdiri dari 4-5 anak. Masing-masing adalah ketua tim yang sudah ditunjuk oleh
kelompoknya.
b.
Untuk
memulai siapa yang terlebih dahulu memainkan, maka peserta mengambil dadu dan
melemparnya. Nomor yang paling banyak muncul ia akan memulai terlebih dahulu.
c.
Permulaan
permainan dimulai pada start
d.
Saat
peserta berhenti, maka ia harus menjawab soal yang sudah tersedia sesuai warna
tempat ia berhenti. Jika benar ia akan mendapatkan dua koin dan jika salah maka
ia tidak akan mendapatkan koin. Kemudian soal yang ia dapatkan dapat
dilemparkan kepada kelompok lain yang mampu menjawab.
e.
Dan
seterusnya sampai koin habis. Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang
mendapatkan koin terbanyak.
10.
Cara
penggunaan
a.
Guru
menyampaikan materi yang ada di sisi depan papan.
b.
Setelah
materi tersampaikan guru melakukan evaluasi dengan permainan monopoli yang ada
di sisi belakang papan.
c.
Peraturan
permainan sesuai yang telah tertulis di poin 10 (di atas)
11.
Gambar
media
12.
Rincian
biaya
|
no |
Nama barang |
jumlah |
harga |
|
1 |
Kertas bufallo |
7 buah |
14.000 |
|
2 |
Lem kertas |
1 buah |
2.500 |
|
3 |
Print gambar |
12 lembar |
6.000 |
|
4 |
Kertas cokelat |
1 lembar |
1.500 |
|
5 |
Doubletipe |
1 buah |
3.000 |
|
total |
27.000 |
||
Berikt adalah tutorial cara menggunakan media pembelajaran "Papan Monoscrap"
No comments:
Post a Comment